Laman

Sabtu, 23 Februari 2013

Undangan Online Menjadi Alternatif

Foto pre-wedding Bowo Priyanto & Wiji Susieni, (28/10/2012)
(my beloved brother and my wonderful sister)
Menikah. Sebuah tujuan akhir dari setiap hubungan yang terbina. Tanpa adanya tujuan akhir untuk menikah, ibarat sebuah hubungan yang mengarungi samudra luas tak berujung. Segala persiapan dan tetek-bengek yang harus hadir dalam upacara sakral tersebut perlu dipikirkan masak-masak. Upacara sakral bernama pernikahan tersebut tidaklah serta merta terselenggara begitu saja. Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui.

Mulai dari rencana pertunangan, mencari cincin yang sesuai, rencana pernikahan, pembuatan undangan, pemesanan souvenir, pengambilan foto pre-wedding, penyebaran undangan, pemesanan baju pengantin, entah itu ditangani oleh pihak sendiri dan keluarga atau menggunakan jasa wedding organizer.

Kesempurnaan acara berbanding lurus dengan kematangan rencana dan persiapannya. Dengan segala kerumitannya untuk memilih tanggal dan hari baik agar tidak ada kendala yang berarti sewaktu acara dan ketenangan hidup pengantin selanjutnya, persiapan memang menguras tenaga.

Sementara itu, dalam memilih cincin pun harus ada kesesuaian selera dari sepasang pengantin. Bahkan terkadang harus mencari referensi terlebih dahulu lengkap dengan makna dari setiap model cincin yang ada. Semua yang dilakukan itu bukan tanpa alasan kosong, ini semua demi kesempurnaan acara sakral.

Jika menggunakan jasa wedding organizer, maka pembuatan undangan, pengadaan souvenir, pemesanan baju pengantin dan penyelenggaran acara bukanlah hal yang rumit lagi untuk difikirkan. Apalagi mengingat jaman yang sudah modern. Segala persiapan tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Undangan yang dulunya berupa lembaran kertas yang harus disebarkan keseluruh alamat penerima undangan, kini mulai dapat dikurangi.

Internet dapat dimanfaatkan dalam pemublikasian acara. Mulai dari foto-foto pre-wedding hingga undangan pernikahan. Bisa melalui jejaring sosial yang kini menjamur ataupun menggunakan blog tersendiri.
Sudah banyak pasangan yang akan menikah menggunakan jejaring sosial dan blog untuk memublikasikan undangan pernikahan mereka. Ada banyak pilihan untuk menampilkan undangan di internet.

Untuk jejaring sosial seperti facebook, kita dapat mengunggah undangan atau membuatnya dengan layanan pembuatan event. Dari pembuatan event tersebut kita dapat mengundang orang-orang yang kita kenal dengan metode invite. Ini cukup efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan dalam event kita sudah dapat mencantumkan tanggal terselenggaranya acara dan denah tempat. Selain itu, kita juga dapat mengetahui siapa saja yang datang dan saling berkomunikasi.

Untuk blog pun kita dapat membuat sesuai selera kita. Melalui blog banyak kreasi yang dapat dimunculkan. Sehingga dari undangan berbentuk kertas dapat kita ubah menjadi undangan online. Dengan begitu, kita turut menyumbang pengurangan penggunaan kertas. Dimana kertas yang notabene berasal dari pepohonan, kita ikut berpartisipasi penerapan go green dan penyelamatan jutaan pohon di muka bumi.

Meski harus mengingat bahwa tak semua orang dapat mengakses internet, namun harus selalu optimis bahwa budaya gethok tular di masyarakat masih ada. Sehingga masih ada yang dapat mengundang dari mulut ke mulut usai melihat undangan online. Bukankah dengan begini dapat menambah keakraban antar sesama.

Penerapan undangan online dapat menjadi alternatif lain untuk undangan jarak jauh. Sekalipun orang yang kita undang tengah bepergian ke belahan bumi yang lain, dia merasa dihargai dengan diundangannya dia ke pesta pernikahan kita. Sehingga paling tidak dia bisa menjadwal ulang acaranya ataupun memberikan ucapan selamat secara online juga. Oleh sebab itu,undangan online ini cukup efektif untuk diterapkan. Selamat mencoba. 

6 komentar:

  1. mudah dan praktis :)

    semoga sukses!
    jangan lupa mampir ke blog aku ya
    http://argalitha.blogspot.com/2013/02/berhemat-dengan-undangan-pernikahan.html
    makasih :)

    BalasHapus
  2. Baca punya saya juga, yah? ^-^

    http://mrikartayusani.blogspot.com/2013/02/cara-mudah-membuat-kartu-undangan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. siyaaapppp...... saling berbagi tips yach... ^_^

      Hapus
  3. yuhuuuuuu....datangya memang top ya..
    goodluck..
    silahkan mampir http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/02/datangyacom-ahlinya-undangan-pernikahan.html makasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajiiibbb.... pada keren2 ulasannya.... semangat....!!!

      Hapus