Laman

Sabtu, 11 Agustus 2012

Setulus Kata Maaf

Minal aidin wal faidzin... Mohon Maaf Lahir dan Batin...


Bulan Ramadhan mulai mendekati penghujung akhir, mulai bersiap menyapa hari kemenangan. Hari yang dinanti seluruh umat muslim di setiap penjuru dunia. Ada saat dimana kata maaf mulai berhamburan keluar dari bibir. mengucap sepatah kata yang diharapkan mampu menghapuskan segala kesalahan yang telah diperbuat.
Kesalahan yang mana? Kesalahan pada siapa?
Kesalahan terhadap sesama manusia. Selalu saja dikatakan kesalhan yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Kenapa? Karena terkadang kita melakukan sebuah kesalahan yang sebenarnya kita tidak tahu bahwa itu adalah sebuah kesalahan.
Pemikiran setiap orang berbeda, jadi apa yang kita pandang baik, belum tentulah baik menurut oranglain. Harus ada ketulusan yang benar-benar tulus lahir dari dalam hati untuk melenyapkan segala prasangka salah yang tertuju pada setiap orang yang selama ini kita dakwa sebagai orang yang bersalah pada kita. Kita harus menyadari bahwa memang tidak ada manusia yang luput dari dosa, dari kesalahan, dari kekhilafan.
Dan di hari yang penuh kemuliaan itu, terhapuslah segala rasa bersalah, karena semua kembali berawal dari nol (dah kayak iklan SPBU aja).
Semoga memang benar-benar masih ada rasa tulus untuk memaafkan sesama, seberapapun beratnya kesalahan itu di mata kita, namun dengan lapangnya kita memaafkan, insya allah, Allah akan semakin menyayangi kita sebagai hamba-Nya yang bijak. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar